Monday, June 4, 2012

Standard Operating Procedure (SOP) Sarana dan Prasarana UKM UIN-SUKA Yogyakarta



 PROSEDUR SARANA DAN PRASARANA UKM
Tanggal Revisi     :
Tanggal Berlaku  :
Kode                     :
1.       Tujuan

Mengatur dan memperlancar seluruh proses penggunaan sarana dn prasarana UKM agar berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.       Ruang Lingkup

Berlaku untuk proses penggunaan sarana dan prasarana yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
3.       Definisi

3.1. UKM adalah organisasi intra Perguruan tinggi UIN Sunan Kalijaga yang bergerak di bidang khusus, bakat minat dan profesi yang berjumlah 17 UKM.
3.2. Sarana dan Prasarana adalah segala sesuatu baik alat maupun tempat yang berfungsi menunjang jalannya sebuah kegiatan agar bejalan secara lancar.
4.       Referensi

4.1. Pedoman Umum Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
5.       Didistribusikan kepada

Semua anggota UKM dan pihak lain yang berkepentingan.
6.       Prosedur

6.1. UMUM
6.1.1.         Prosedur ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Setiap perubahan  atalangkah dalam prosedur penggunaan sarana dan prasarana sesuai dengan prosedur terbaru  tentang Pengendalian dokumen dan data.
6.1.2.        Bertanggung jawab atas sarana dan Prasarana yang akan digunakan.


6.2. KETENTUAN UMUM
6.2.1.  Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan bertanggung jawab langsung atas semua kegiatan-kegiatan atau aktivitas UKM dilingkungan Universitas.
6.2.2. Seluruh proses kegiatan-kegiatan di kendalikan dan dipusatkan oleh semua badan Pengelola UKM
6.2.3. Semua Prosedur dan ketentuan umum  masing-masing  UKM Universitas.



6.3. PENGGUNAAN ATAU PEMINJAMAN
6.3.1. Mahasiswa diperbolehkan menggunakan sarana dan pasarana apabila telah menjadi anggota UKM itu sendiri.
6.3.2. Mahasiswa yang bukan anggota UKM atau pihak luar ketika  akan menggunakan/meminjam  sarana dan prasarana UKM maka dikenakan  biaya.




DIAGRAM ALUR
No
Kegiatan
UKM
Pembina
RT Kampus
Ceki
Kabag Kemahasiswaan
Bendahara
PR III

1
Persiapan Proposal permintaan alat-alat atau fasilitas







2
Persetujuan dan Pengurusan







3
Pengajuan ACC proposal permohonan alat







4
Verifikasi dan ACC proposal permohonan alat






5
Pemenuhan alat fasilitas








Permohonan dana kegiatan UKM



1
Pembuatan proposal dan pembentukan panitia-panitia kegiatan









2
Persetujuan dan pembimbing UKM









3
Pendelegasian proposal dana








4
Pengesahn dan penurunan dana kegiata UKM








5
Penyetujuan dan Penyerahan Dana










Perlengkapan Mountaineering dan PPGD
No
Nama Barang
Jumlah
Kondisi
Keterangan
Asal
Sekarang
1
Carmantel
4
4
3 baik, 1 kurang baik

2
Tali Prusik
4 pasang
2,5 pasang
baik

3
Weebing
16
25
baik
beli baru 9
4
Carabiner Screw
5
9
baik
beli baru 4
5
Carabiner non screw
5
4
baik

6
Selling
3
7
baik
beli baru 4
7
Figur of eight
4
5
baik
beli baru 2
8
Tali Layar
3
2
kurang layak
1 dihapus krn sdh tdk layak
9
Sarung Tangan
31 buah
10
5 beli baru, 5 dari PW
31 lama dihapus (tdk layak)
10
Tas Carier
1
3
baik
2 dari PW
11
Tali dadung
17
17
baik

12
Tali Tambang
5
21 (3 besar, 18 kecil)
baik
sisa PW
13
Tali Rami
13
1 plastik besar
baik
sisa PW
14
Tali pramuka besar
4
4
baik

15
Bidai
2 set
3 set
baik
1 beli baru
16
Kotak PPPK
5
5
baik

17
Mitela
16
16
baik

18
Mitela elastis
1
1
baik

19
Bag Cover
0
1
baik
dari PW